
Pedoman Pelaksanaan Matsama Tahun Ajaran 2024/2025
Pendahuluan
Masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) adalah masa orientasi yang dilaksanakan ketika siswa pertama kali memasuki madrasah. Tujuan dari matsama adalah untuk memperkenalkan program, sarana prasarana madrasah, metode belajar, penanaman konsep diri, serta pembinaan budaya khas madrasah. Kegiatan ini diadakan di berbagai jenjang pendidikan madrasah, mulai dari Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA).
Matsama bukan hanya sekadar kegiatan formalitas, tetapi juga merupakan masa transisi yang penting bagi siswa untuk mempersiapkan diri secara mental agar siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan baru. Oleh karena itu, kegiatan matsama dirancang agar bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan.
Tujuan Matsama
Pelaksanaan matsama memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya:
Mengenalkan Lingkungan Belajar: Membantu siswa baru mengenali keadaan diri dan sosial mereka agar memiliki kesiapan mental dan mudah menyesuaikan diri dalam proses pembelajaran.
Menumbuhkan Kebanggaan: Menumbuhkan rasa bangga terhadap madrasah, memahami nilai-nilai khas madrasah, mencintai, dan menjaga nama baik madrasah.
Mengenalkan Nilai Moderasi Beragama: Mengajarkan sembilan nilai moderasi beragama, budaya inklusif, ramah, anti kekerasan fisik maupun psikis, serta menghargai harkat dan martabat kemanusiaan.
Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS): Mengenalkan pentingnya PHBS, makanan dan minuman halal, menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, serta mental mandiri dan berprestasi.
Materi Matsama
Agar tujuan di atas dapat tercapai, maka materi yang disampaikan dalam matsama mencakup beberapa aspek penting:
- Kemadrasahan: Pengenalan profil madrasah, fasilitas, tata tertib, nilai dan norma, pengelolaan pembelajaran, perkenalan dengan guru dan tenaga kependidikan, serta kegiatan ekstrakurikuler.
- Moderasi Beragama: Pengenalan cara mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan bersama, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodasi terhadap budaya lokal.
- Nilai-nilai Madrasah: Orientasi ibadah dalam proses belajar, tata krama dalam pergaulan dan bermedia sosial, serta pencegahan terhadap bullying, pelecehan seksual, dan penyalahgunaan narkoba.
- Budaya dan Kebiasaan Hidup di Madrasah: Pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengenalan makanan dan minuman halal, sikap disiplin, tanggung jawab, dan literasi digital serta finansial.
Pengembangan Materi Matsama
Materi matsama dapat dikembangkan sesuai dengan kekhasan masing-masing madrasah. Misalnya, madrasah berasrama, berbasis pondok pesantren, madrasah inklusi, madrasah ramah anak, dan madrasah adiwiyata. Pengembangan materi juga harus mempertimbangkan tingkat perkembangan siswa, misalnya dari PAUD/RA ke MI atau dari MTs ke MA.
Pelaksanaan dan Evaluasi Matsama
Pelaksanaan matsama dilaksanakan dalam jangka waktu minimal enam hari pada pekan pertama awal tahun ajaran. Kegiatan ini dilakukan pada hari efektif belajar di lingkungan madrasah. Kepala madrasah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan matsama. Selain itu, pengawasan dan evaluasi dilakukan untuk memastikan seluruh proses berjalan sesuai rencana dan efektif.
Penutup
Matsama adalah bagian penting dari proses pendidikan di madrasah. Dengan pelaksanaan yang baik dan terencana, kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan, mendidik, dan memperkuat nilai-nilai akhlakul karimah bagi siswa. Selain itu, matsama juga menjadi sarana untuk menanamkan kebanggaan dan kecintaan terhadap madrasah serta mempersiapkan siswa secara mental untuk menghadapi tantangan belajar di lingkungan baru. Dengan demikian, matsama berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa madrasah yang unggul.
Untuk informasi lebih tentang Surat edaran Pedoman Pelaksanaan Matsama Tahun Ajaran 2024/2025, silakan unduh pada link >>>>> DOWNLOAD DISINI<<<<<
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KMA NO. 450 Pedoman Implementasi Kurikulum untuk memperkuat Madrasah dengan Kurikulum Merdeka
KMA No 450 Tahun 2024: Memperkuat Madrasah dengan Kurikulum Merdeka Pedoman Implementasi Kurikulum Pada RA, MI, MTs, MA dan MAK Transformasi Pendidikan Madrasah: Lahir
Haflah Akhirussanah TKM NU 125 AL-HUDA dan MI AL-HUDA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Sabtu 29 Juni 2024- menjadi salah satu hari yang membahagiakan bagi keluarga besar MI AL-HUDA dan TKM NU 125 AL-HUDA, terkhusus bagi para siswa kelas VI dan kelas TK-B yang sedang melak
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penerimaan peserta didik baru MI AL-HUDA Tahun pelajaran 2024/2025 telah dibuka. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 01 Juli - 15 Juli 2024. untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor
GURU MI AL-HUDA MENGIKUTI PELAKSANAAN AKG 2024
Gresik - Sebanyak 6 Guru MI AL-HUDA mengikuti penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Guru (AKG). Program yang digagas oleh Kementerian Agama ini bertujuan untuk mengukur dan memetakan